Membuat Posting SEO Friendly
Membuat Posting SEO Friendly - Menulis di blog merupakan hal utama yang harus dikerjakan oleh blogger, namun bagaimana cara menulis di blog agar SEO Friendly dan secara otomatis mudah untuk dirambah oleh Google Search Engine? Nah kali ini Jasa Blog Design akan mencoba memberi penjelasan menurut saya mengenai tata cara penulisan artikel pada blog agar SEO Friendly.

Sebelumnya harus dipahami bahwa  SEO tidak hanya terpaku pada postingan semata, namun masih banyak yang mepengaruhinya. untuk itu kita harus mengetahui satu persatu diantara bagaimana membuat blog agar SEO Friendly. Postingan yang SEO friendly menurut saya dipengaruhi oleh beberapa hal berikut ini :

1. Artikel Fresh, Terupdate, No Copy Paste.
Dalam hal ini artikel yang paling baru merupakan hal yang disukai oleh google, pembahasannya fresh, mudah untuk dipahami serta berisi. maksudnya bukan artikel asal-asalan tapi ada maksud dan tujuan dari artikel tersebut.

2. Memilih Judul Yang Tepat.
Sebelum anda menentukan judul untuk artikel anda, sebaiknya tentukan terlebih dahulu kata kunci yang akan dituju. setelah menemukan kata kunci barulah anda menempatkan kata kunci tersebut pada judul. usahakan pemasangan kata kunci terletak pada kata pertama dari judul artikel anda. semisal anda akan menuju kata kunci "belajar membaca" maka judul yang baik adalah : "Belajar membaca dan kecerdasan anak pada usia dini"

3. Karakter Tebal (Bold).
Penggunaan karakter Tebal pada kata kunci yang terdapat dalam artikel merupakan salah satu cara untuk menegaskan kepada robot mesin pencari google untuk lebih memperhatikan kata kunci tersebut sebagai kata kunci dari keseluruhan artikel. dalam penggunaan karakter tebal tidak boleh digunakan terlalu banyak, penempatannya dalam satu paragraf jangan lebih dari 3 Kata kunci dan sebaiknya letakkan kata kunci pada paragraf pertama artikel, anda bisa lihat pada artikel saya ini. mengapa demikian? Karena mesin pencari google akan menyematkan deskripsi dari sebagian karakter dari paragraf pertama. lihat gambar berikut :

Pada gambar diatas saya menulis kata kunci "Belajar Membaca". tanda garis merah menunjukkan bagaimana mesin pencari google menemukan kata kunci pada judul dan sedikit penggalan artikel pada paragraf pertama.

4. Penanaman Link.
Menambahkan permalink pada kata kunci yang diberi karakter tebal juga dapat mempengaruhi mesin pencari untuk meng-Crawl link tertuju pada artikel tersebut. Penanaman permalink bisa ditujukan ke link artikel itu sendiri dan yang lebih bagus lagi link tersebut menuju artikel lain yang terdapat dalam blog anda namun artikel yang mempunyai keterkaitan dengan artikel yang anda buat. misalnya anda membuat judul "belajar membaca lancar", nah dalam artikel lain pada blog anda telah menulis artikel dengan judul "belajar membaca dengan mengeja" nah link tersebut saling dikaitkan. hal ini membuat blog anda semakin dianggap baik oleh google, karena blog anda informatif dan bermanfaat.

5. Pengulangan Kata Kunci.
Pengulangan kata kunci juga perlu, akan tetapi pengulangan kata kunci yang terlalu rapat akan dibenci mesin pencari, dan blog anda akan dianggap spam karena telah mengulang kata kunci terlalu banyak, sebaiknya pengulangan kata kunci dengan kata yang sepadan dan tidak terlalu rapat, misalnya dalam satu artikel terdapat dua sampai lima kata kunci.

6. Panjang Artikel kurang lebih 500 Karakter.
Menulis artikel dengan karakter banyak memang sulit, namun hal ini juga dapat mempengaruhi mesin pencari, asal tulisan tersebut benar-benar berisi. maksudnya menulis dengan 200 karakter padat berisi lebih baik daripada 500 karakter tapi hanya berisi pengulangan paragraf atau hanya berisi kata kunci saja.

7. Penggunaan Gambar
Memasang gambar pada artikel blog anda juga dapat mempengaruhi mesin pencari google. karena pada mesin pencari google terdapat opsi pencarian gambar. jika anda memasang gambar jangan lupa gunakan tag alt teks dan title teks. caranya mudah sekali. setelah anda mengunggah gambar pada artikel anda kemudian klik pada gambar dan klik menu properties, nah disitu anda memasang title teks dan alt teks. jika masih belum paham caranya silahkan anda baca :
  1. Cara Menambahkan Gambar Pada Artikel Blog.
  2. Cara Memasang Title Teks dan Alt Teks Pada Gambar
8. Ping Setelah Terbit.
Setelah anda "Publish" atau menerbitkan artikel anda, usahakan ping dan add url pada google. caranya anda bisa menggunakan googleping atau jika masih belum paham silahkan baca artikel berikut :
  1. Cara Ping ke Googleping.
  2. Cara Add URL ke Google.
9. Menunggu dan  Berdo'a
Setelah semua tugas diatas selesai, alangkah baiknya kita menunggu dan berdoa supaya artikel adan cepat terindeks pada mesin pencari google.

Kesembilan cara diatas merupakan Cara Postingan SEO Friendly menurut saya, jika anda mempunyai opsi lain bisa anda tambahkan pada kolom komentar yang tersedia. terimakasih dan semoga bermanfaat.