Mengetahui Fungsi dari Tools Penulisan -  Jika sebelumnya anda membaca Tutorial cara menulis artikel di blog, Pastinya saat anda praktekkan akan menemukan Tools yang hampir mirip dengan tools yang ada pada microsoft word. Akan tetapi tools pada entry blogger lebih simpel dan disesuaikan dengan kebutuhan penulisan artikel pada blog anda.

Tools yang disediakan untuk entri artikel pada blog sangat sederhana, anda akan cepat paham jika anda mempraktikkannya. Namun bagi anda yang ingin mengetahui apa saja tools yang tersedia akan saya jelaskan secara detail mengenai Fungsi yang ada pada Tools Penulisan entry blogger.


Anda perhatikan gambar diatas. Pada gambar diatas setidaknya ada 20 Tools yang akan saya bahas.
Silahkan anda simak pembahasannya satu persatu.
  1. Mengubah Jenis Font : Tools ini berguna untuk mengubah jenis Font tulisan anda. Anda dapat mengubah jenis font dengan font yang tersedia. akan tetapi biasanya font mengikuti pengaturan template yang ada. Jadi alangkah baiknya jenis font diatur sebagai default saja. Namun jika anda berkeinginan untuk mengubah jenis font juga tidak akan menjadi masalah. 
  2. Mengubah Ukuran Font : Pada saat menulis biasanya akan muncul ide kreatif untuk memberi penekanan pada kalimat-kalimat tertentu. Oleh karena itu Tools untuk mengubah ukuran font ini berguna untuk mengubah ukuran font anda. Tools yang tersedia ada lima ukuran yakni: Smallest, Small, Normal, Large, Extra Large.
  3. Heading Tools : Tools ini membantu anda untuk memberi penekanan pada Judul dan Sub Judul yang anda buat pada artikel anda. Pengaturan ini menyediakan empat perubahan yakni: Heading, Subheading, Minor Heading dan Normal.
  4. Menebalkan Tulisan/Bold : Berfungsi untuk memberi penekanan pada kalimat dengan menebalkan hurufnya. Tools ini sama persis pada microsoft word. Anda juga dapat menggunakan tombol Ctrl+B pada keyboard anda untuk menggunakan Tools Bold ini.
  5. Memiringkan Tulisan/Italic : Berfungsi untuk memiringkan huruf pada kalimat tertentu. Tools ini sama persis pada microsoft word. Anda juga dapat menggunakan tombol Ctrl+I pada keyboard anda untuk menggunakan Tools Italic ini.
  6. Menggaris Bawahi/Underline : Memberi effek garis bawah pada kalimat yang dipilih.Tools ini sama persis pada microsoft word. Anda juga dapat menggunakan tombol Ctrl+U pada keyboard anda untuk menggunakan Tools Undeline ini.
  7. Memberi Garis Tengah/Strikethrough : Memberi effek garis pada tulisan.
  8. Mengubah Warna Font : Tools yang berguna untuk mengubah warna sebagian atau semua font yang dipilih.
  9. Mengubah Warna Latar Belakang Font : Tools ini berguna untuk memberi efek latar belakang pada kalimat yang dipilih.
  10. Menambah Atau Menghapus Link : Tools ini digunakan untuk menyisipkan link atau dapat juga untuk menghapus link.
  11. Menyisipkan Gambar : Pada tools ini anda dapat menggunakannya untuk menambahkan gambar pada artikel anda. Lebih Jelasnya Klik Disini
  12. Menyisipkan Video : Tools ini berguna apabila anda ingin menambahkan video pada artikel anda.
  13. Menambah Jarak Kebawah : Maksudnya adalah jika anda ingin membagi artikel anda menjadi dua pembahasan yang berbeda anda dapat menggunakan Tools ini.
  14. Text Alignment : Untuk mengatur Rata Kanan, Rata Kiri, Rata Tengah ataupun Rata Kanan Kiri.
  15. Numbered List : Untuk memberikan Nomor pada tulisan anda.
  16. Bullet List : Fungsinya sama dengan No.15.
  17. Block Quote : Tools ini berfungsi untuk memberi penekanan pada kalimat tertentu. 
  18. Menghapus Format : Tools ini digunakan untuk mengapus format yang digunakan pada tulisan, Namun anda bisa menggunakan Tools yang ada untuk menghapus format tulisan yang telah dipilih.
  19. Check Speeling : Fungsi Saya Belum Paham, karena belum pernah pakai, kalau anda tahu fungsinya silahkan berikan komentar pada kolom yang tersedia.
  20. Undo dan Redo : Berfungsi untuk kembali pada pengaturan sebelumnya dan sesudahnya.
Demikian diatas pembahasan singkat untuk Mengetahui Fungsi Dari Tools Entri Penulisan Blog. Semoga dapat menambah wawasan anda.